Tuesday 9 September 2014

Dahsyatnya Media Sosial di Dunia Maya...

Saat ini, media sosial (jejaring sosial di dunia maya) begitu banyak digandrungi orang-orang bumi. Mereka keranjingan untuk meng-update-nya, entah upload kabar gembira, komentar ini itu, atau foto yang menurut mereka pantas. Ya, media sosial kini seolah menjadi kebutuhan primer bagi penduduk bumi ini. Akan terasa terasing di dunia ini (lingkungan) bila tak memiliki media sosial. Kamu akan dikatakan "kampungan" jika tak memiliki Facebook. Kamu akan dicap "kurang gaul" jika belum punya Twitter. Kamu akan diduga ketinggalan jaman kalau tidak memiliki Path atau Instagram. Ya, inilah dinamika dunia yang selalu berkembang berdasarkan media sosial yang berkembang atau trend. Teknologi tentunya berada di balik semua perubahan jaman ini. Kalau masih ingat, hingar bingar pager, handphone, hingga penemuan terbaru yang dinamakan Android yang mendukung terbentuknya media sosial yang digemari masyarakat hingga menjadi populer.

Yang perlu diingat, manusia itu tak pernah puas dengan teknologi yang ada, Mereka akan selalu berinovasi terus hingga rantai teknologi ini tak pernah menemui ujungnya.Waktu akan membuktikan jika bumi ini sesungguhnya diubah oleh teknologi.

Namun, sayangnya, jejaring sosial di internet bisa menjadi senjata makan tuan. Kamu akan bisa dianggap melawan atau menghina sebuah kota jika salah menggunakan media sosial. Banyak kasus yang telah terjadi akhir-akhir ini apalagi adanya UU ITE. Kamu akan berurusan dengan polisi atau pihak kampus, bahkan gubernur jika salah meng-update status. Hal ini terjadi karena kamu seringkali merasa boleh seenaknya menggunakan jejaring sosial di internet, misal menyebut nama yang jelas-jelas itu menunjuk pada seseorang. Kini, tak cukup untuk hanya mengucapkan maaf saja, tapi pasti berurusan dengan hukum yang ada.

Untuk itulah kita harus bijak menggunakan media sosial di internet...





       

No comments:

Post a Comment