Friday 16 January 2015

Hanya Cinta Saja, Masak?

Cinta itu melayang-layang. Tak tertangkap tangan. Terbang di antara manusia. Mempunyai dunianya sendiri. Menentukan nasibnya sendiri. Terkadang hinggap di sebuah hati tanpa diduga tanpa disangka-sangka, lalu pergi dengan begitu saja. Cinta bisa membuat nelangsa seseorang. Cinta itu universal luas tanpa alasan dan tidak pernah bisa dijelaskan.

Hari ini, saya sedang berpikir ngawur. Entahlah, di kepala hanya muncul soal relatif. Semuanya itu relatif. Setiap cinta pasti mengisyaratkan hal-hal yang indah atau meneduhkan, tapi gara-gara cinta orang bisa berbuat tidak indah. Agama juga seperti itu. Setiap cinta pasti baik, tapi karena cinta, orang menjadi berbuat tidak baik. Terbaca klise ya, tapi memang begitulah kenyataannya.

Semua orang pasti mengenal cinta. Beberapa mengenalnya secara asal-asalan dan banyak lagi mengenalnya secara sepenuh hati. Di sekitar kita, cinta seringkali dipahami seperti mengiyakan ketika ditembak cinta oleh seseorang, menemaninya ke bioskop, mendengarkan keluhannya, memberi uang, memberi senyuman, menemaninya pergi ke mana pun, dll. Apakah sebatas itu? Tentu tidak. Biarkanlah semua orang menafsirkan cinta dengan caranya masing-masing. Barangkali karena definisinya menurut penilaian setiap orang, orang pun seringkali kecewa dengan apa yang dia tahu tentang cinta itu. Inilah yang terjadi, cinta seringkali tidak seperti yang kita harapan.

Artinya, semua yang baik belum tentu bisa diterima dengan kebaikannya, tapi justru menimbulkan keburukan. Inilah yang terjadi di sekitar kita, tak ada pasti. Semuanya serba relatif. Ada yang bilang punya hubungan cinta yang banyak menyenangkan, tapi beberapa justru dikejar-kejar perasaan khawatir jika ketahuan si ini dan si itu. Tentu semua ini masih bisa didebat, dibantah, atau didiskusikan karena ini hanya corat-coret saja. Tak perlu dipikirkan ya...

Link yang membuktikan, gara-gara cinta, orang berbuat nekat.

  1. http://www.tribunnews.com/regional/2014/04/25/samsuni-terjun-bebas-dari-kapal-feri-karena-cintanya-diputus-pacar
  2. http://metro.sindonews.com/read/889108/31/diputus-cinta-cecep-nekat-gantung-diri-1407415033
  3. http://buser.liputan6.com/read/36770/karena-cinta-waria-membunuh-lalu-mencincang-korban
  4. http://megapolitan.kompas.com/read/2014/04/06/1533302/Tak.Terima.Cinta.Ditolak.Mantan.Kekasih.Disekap


No comments:

Post a Comment